Jika kita memandang lembaga pendidikan dari perspektif corporate,maka lembaga pendidikan merupakan sebuah organisasi produksi yang menciptakan jasa pendidikan yang di ditukar oleh pengguna dengan sesuatu nilai,terutama pengguna nya ialah para siswa/siswi dan para pengguna lainya seperti orang tua dan alumni yang semuanya berkedudukan sebagai konsumen.jika sebuah lembaga pendidikan yang berperan sebagai pabrik produsen tidak mampu melakukan pemasaran dari hasil produknya,dlm perkara ini maksudnya jasa pendidikannya tidak laku,sebab kualitasnya dianggap kurang bermutu dan tidak disukai oleh para konsumen, tidak memberikan nilai tambah bagi peningkatan pribadi individu, pelayanan tidak memuaskan, maka produksi jasa yang ditawarkan tidak akan laku. Akibatnya sekolah akan mundur dan selanjutnya peminatnya tidak ada,maka akhirnya sekolah itupun ditutup.
|
MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN |
Pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial yang dimungkinkan akan memperoleh kebutuhannya dan keinginannya oleh sebagian individu atau kelompok, dengan sengaja melibatkan berbagai acara dan kegiatan penting,melalui proses pertukaran dengan kelompok atau individu lain yang bisa meningkatkan dan mengembangkan relasi pertukarannya.
Pemasaran lembaga pendidikan juga merupakan suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang diantaranya proses pembelajaran, produk yang ditawarkan, biaya pendidikan, tempat yang mudah terjangkau oleh transportasi, guru guru yang profesional, sarana dan prasarana yang memadai, promosi yang disampaikan kepada masyarakat luas, dan juga peran tokoh masyarakat yag berpengaruh atau agama yang dihormati.
sasaran pemasaran lembaga pendidikan adalah calon peserta didik dan orang tua peserta didik, serta masyarakat luas pada umumnya. Masyarakat luas termasuk di dalamnya pengguna lulusan atau alumni sekolah tersebut.
Segmen pasar disetiapsektor pendidikan meliputi pasar internal dan faktor eksternal.
Adapun pasar internal di sekolah sebagai lembaga pendidikan meliputi :
- Pengelola dan jajaran yang diatasnya,
- Staf sekolah meliputi guru dan tenaga kependidikan lainnya,
- Pengawas,
- Siswa yang sedang bersekolah, dan Orang tua siswa yang anaknya sedang bersekolah.
Sedangkan pada pasar eksternal dari sekolah sbg lembaga pendidikan adalah :
- Calon siswa, calon orang tua siswa,
- Alumni,
- Calon staf yang akan mengajukan lamaran,
- Institusi pendidikan lainnya,
- Masyarakat yang di sekitar sekolah,
- Lembaga komersial dan industri,
- Yayasan pendidikan,
- Kantor standar dalam dunia pendidikan- kalau di indonesia seperti halnya badan akreditasi nasional dan badan akreditasi sekolah dasar,
- Pusat penataan guru,
- Kelompok kelompok dan organisasi di dlam tingkat nasional yg terkait dg dunia pendidikan.
ADS HERE !!!